Ide dasar dari Damage Per Second

Tentang DPS (Damage per Second):

DPS adalah singkatan dari Damage per Second, yang artinya seberapa besar damage/kerusakan yang bisa diberikan oleh karakter dalam satu detik ketika mereka menyerang.

Misalnya, kita lihat dua karakter, sebut saja A dan B.

Karakter A memiliki kecepatan serangan 0.4 detik dan menghasilkan kerusakan sebesar 300.
Karakter B memiliki kecepatan serangan 1.2 detik dan menghasilkan kerusakan sebesar 900.
A disebut sebagai DPS, tapi kenapa B tidak?

Ini penjelasannya: DPS tidak hanya tentang berapa kerusakan yang dihasilkan setiap kali karakter menyerang, tapi juga seberapa cepat mereka bisa menghabisi musuh. Mari kita perhatikan contoh ini:

Bayangkan kita memiliki musuh dengan 1000 HP, kita sebut saja C. A dan B akan menyerang C.

A bisa membunuh C dalam 1.6 detik dengan serangan yang membuat 300 kerusakan setiap kali. A harus menyerang C empat kali untuk membunuhnya, dan butuh waktu 1.6 detik untuk itu.

Sementara itu, B bisa membunuh C dalam 2.4 detik dengan serangan yang menghasilkan 900 kerusakan setiap kali. B hanya perlu menyerang C dua kali, tapi butuh waktu 2.4 detik untuk itu.

Jadi, meskipun B memiliki total kerusakan yang sama dengan A dalam 1.2 detik (900), A lebih efisien dalam membunuh musuh karena bisa melakukannya lebih cepat. Itulah sebabnya A disebut sebagai DPS, sedangkan B lebih cocok disebut sebagai Power House atau Heavy Hitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *