Kejora adalah game yang dibuat dengan menggunakan Unity3D. Dan beberapa minggu lalu Unity baru saja mengumumkan perubahan kebijakan harga mereka dengan cara yang yaaah… bisa kita sebut blunder.
Kebijakan sebelumnya adalah, jika dalam 12 bulan terakhir revenue developer mencapai nilai tertentu maka developer diharuskan untuk upgrade ke Unity Plus atau Pro.
Sedangkan kebijakan yang sekarang ada satu syarat tambahan, DAN! ada satu biaya tambahan juga, Unity Runtime fee.
Kebikan yang sekarang berbunyi, “JIKA revenue dalam 12 bulan terakhir mencapai 200.000 USD dan jumlah lifetime installs mencapai 200.000 install, maka developer harus membayar biaya Runtime Unity per satu instalasi“.
Selain hal ini membuat komunitas menjadi geram, gerah, dan gundah gulana, masih banyak hal yang bisa dibilang serba kurang jelas. Gue pribadi sempet salah sangka mengenai cara hitungannya.
Yang banyak dikeluhkan orang adalah, bagaimana cara Unity memvalidasi ini?
Sebelumnya Unity sempat menulis kalo install dan reinstall akan dihitung satu persatu. Artinya kalo misalkan kalian install Kejora, kemudian kalian uninstall, lalu entah kapan kalian install lagi karena ada update misalnya, maka itu akan dihitung dua install.
Sekarang, Unity mengatakan kalau hitungannya hanya pada instalasi pertama kali saja, jadi kalo reinstall di device yang sama tetap dihitung sekali.
Tapi ini belum menjawab masalah validasi dari hitungan yang nanti dilakukan Unity.
Developer khawatir, tanpa adanya validasi yang transparan, maka Unity bisa memasukkan hitungan berapa saja yang mereka mau.
Developer juga khawatir kalau kebikan baru ini bisa digunakan untuk melakukan Install Bomb untuk menghancurkan secara finansial ke developer yang menjadi sasaran.
Lantas bagaimana dengan nasib Kejora?
Sekarang ini Kejora masih dalam tahap demo.
Berdasarkan keterangan dari Unity, game demo tidak akan dihitung sama sekali. Tapi kita tidak tahu apakah ini benar-benar dipegang oleh Unity atau tidak nantinya.
Karena Kejora bukan free game alias game gratisan, maka elemen tambahan biaya install ini dapat dibebankan kedalam harga jualnya nanti.
Hanya saja, karena Unity akan menghitung berdasarkan device, yang terjadi adalah: Ada kemungkinan Kejora dijual dengan harga yang lebih mahal untuk mengantisipasi hal ini.
Misalkan ada player yang berganti device, maka ditiap instalasi ke device yang berbeda akan membuat Berangin Creative mendapatkan potensi tagihan biaya lagi dari Unity.
Kita ambil contoh, misalkan Berangin Creative memasang harga 20 USD (sudah termasuk PPN dan install fee Unity), kemudian ada satu user yang membelinya maka itu tidak masalah.
Tapi akan jadi masalah ketika user ini menginstall Kejora di PC kedua miliknya, maka otomatis Berangin Creative harus membayar biaya tambahan untuk install kedua. Tentu saja ini asumasi Kejora sudah diinstall sebanyak 200.000 kali dari sejak diterbitkan dan revenue Berangin Creative di 12 bulan terakhir juga tembus di angka 200.000 USD.
Kita kembali ke Unity.
Sekarang kita bicara masalah revenue.
Perlu diketahui, revenue bukanlah profit/keuntungan penjualan.
Revenue adalah income atau pendapatan kotor yang belum dikurangi modal, biaya bulanan, pajak, biaya platform, share investor, dll. Berapapun jumlah yang tersisa setelah itu, barulah disebut profit.
Unity menetapkan revenue yang dihitung adalah penghasilan kotor.
Jadi developer harus benar-benar menghitung dengan teliti untuk masalah ini.
Nah, apakah ini akan berdampak besar kepada Berangin Creative untuk game Kejora mereka?
Untuk saat ini, mereka yakin kalo mereka tidak akan mencapai thresold pendapatan sebesar 200.000 USD di 12 bulan terakhir dan lifetime install 100.000.
Kenapa?
Karena sekarang Kejora masih dalam tahap Wishlist di Steam.
Jadi, untuk kalian yang ingin membantu Berangin Creative agar Kejora dapat dirilis sesuai jadwal, silahkan klik tombol Wishist di halaman Steam Kejora, disini:
https://store.steampowered.com/app/1410400/Kejora/
Setiap Wishlist kalian sangat berarti bagi Berangin Creative, dan memotivasi mereka untuk menyelesaikan game Kejora.
Oh, Wishlist itu ga ditarik biaya apapun kok.
Kalo misalkan nanti rilis, dan kalian ga mau beli, itu juga nggak apa-apa. Ga akan dipaksa.
Jadi yang penting sekarang, klik tombol Wishlist di Steam Page Kejora.