Sebenernya gue cukup heran juga kenapa berita ini ga ada yang posting, apa tenggelam gara-gara masalah cosplayer Miku?

Apa sih berita yg gue maksud ini?

Ada satu Exhibitor yang entah kenapa gue raguin kredibelitas merchandise nya.

blablabla Shinkansen

This booth

Disini masalahnya, Exhibitor ini punya banyak booth yang kesebar di berbagai tempat, dan beberapa merchandise pakai ilustrasi resmi.

Kalo Exhibitor ini ga punya lisensi atas pemakaian artwork resmi ataupun ijin dari artist yang membuat artwork-artwork tersebut, berarti panitia AFA sudah kecolongan luar biasa parah. Karena Exhibitor ini punya empat booth, bahkan berdasarkan informasi teman, katanya lebih dari empat.

Questionable Booth

Questionable Booth

Kantai Collection

Powerbank Kantai Collection, sikat langsung dari illustrasi resmi, dan kemasannya WTF banget…

Buat yang belum tau, AFA atau Anime Festival Asia adalah event skala internasional yang sangat anti terhadap penjualan barang-barang bootleg (derivative works dari Doujin Circle mendapat pengecualian ya) karena daftar Exhibitor mereka juga adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Anime,Figure, dan Merchandise official.

Miku Expo

Hey lihat, ilustrasi resmi yang juga muncul di Miku Expo

Mik Hatsune

USAprint. What the heck is this? Nama konveksi sablon kaosnya?

Normalnya, semua merchandise non Doujin Works wajib mencantumkan label dan informasi seperti Copyright notice, label, barcode, standar presentasi, dan sebagainya. Tapi booth ini ternyata ga begitu. Dan production qualitynya ga sebagus produk official lainnya.

Apakah booth ini memang punya lisensi atau ijin dari artistnya? Karena booth ini bukan creator booth, jadi seharusnya punya lisensi. Tapi kenapa ga meyakinkan gitu ya?

Selain itu, booth ini juga menggelar dagangannya dengan asal asalan. Kalau memang booth ini memiliki lisensi atas penggunaan art, dan juga profesional, seharusnya mereka tau gimana caranya mengatur dagangannya.

Miku hatsune

Yang ini juga

Anime Shirt List

List nya gan. Wow, itu berapa IP yang musti di lisensi ya?

Lebih parah lagi, box kemasan dan dagangannya luar biasa berantakan. Coba bandingkan dengan booth lain. Bahkan booth  Circle Doujin malah jauh lebih rapi.

Salah satu booth yang ada disebelahnya juga berbeda, meski berantakan juga tapi setidaknya tidak terlalu parah. Dan booth itu jelas mencantumkan kalau artwork yang dipakai adalah artwork dari para artis afiliasi mereka.

Coba lihat dibawah ini. Jualan merchandise anime atau jualan barang obral di pasar tradisional?

Anime wallet

Tebar dompet kayak jualan di pasar loak

Sampah Anime

Apa ini tumpukan sampah?

Coba bandingkan dengan booth yang menjual merchandise official. Ini bener-bener kacau banget -_-
Bahkan creator booth pun bisa jauh lebih rapi dan terorganisir.

Kalau memang ini adalah booth komersial yang menjual barang dengan art official tanpa izin dan lisensi, ini sudah mencoreng muka Anime Festival Asia.

So, ada yang bisa ngasih pencerahan mengenai hal ini? Mungkin dari pihak panitia AFAID 2014?

UPDATE!
Jurnal Otaku Indonesia berhasil mendapatkan pencerahan mengenai masalah ini. Berikut ini adalah kutipan Panita AFA, diambil dari quote yang ada di website Jurnal Otaku Indonesia.

“AFA sama sekali tidak mengijinkan adanya booth yang menjual barang KW/Bootleg untuk memasuki acara kami.” Sebagai konfirmasi dari anggapan bahwa ‘AFA tidak memperdulikan boothnya menjual barang KW atau asli’.

“Salah satu proses utama dari penyewaan booth untuk AFA adalah penandatanganan dan persetujuan kontrak oleh kedua belah pihak, penyewa dan penyelenggara. Salah satu klausul utama yang tertulis jelas dalam kontrak yang dimaksud adalah “Dilarang memperjualbelikan barang bootleg”. Dan semua booth tanpa terkecuali diharuskan menandatanganinya.”

“Kami curigai booth tersebut mengirimkan sampel barang yang berbeda dengan apa yang akan mereka jual di booth. Saat acara berlangsung dan semua staff sedang sibuk, mungkin mereka mengeluarkan stok barang KW tersebut tanpa sepengetahuan kami.”

“Jika berita tersebut (booth yang dimaksud menjual barang KW) memang benar, berarti mereka melanggar kontrak yang telah disepakati. Hal ini akan kami telusuri dan jika memang terbukti, akan kami blacklist dari acara-acara kami selanjutnya”.

Sauce, Jurnal Otaku Indonesia.

 

Bersambung ke part 2, klik di sini.

Share This:






If you're interested on these product below, you may click the link.
Your purchase through these CD-Japan link will sprinkle some water to us in a very hot day and night.


Tagged on:     

33 thoughts on “AFAID 2014 x Bootleg x Sampah [UPDATE!]

  • August 21, 2014 at 2:27 pm
    Permalink

    Betul juga ini, sempet waktu di kirim temen foto waktu dia ke AFA ( Gw ga ke AFA T,T ) liad barang barang ini

    Reply
  • August 21, 2014 at 2:32 pm
    Permalink

    sependapat sama penulis, saya mempertanyakan originalitas ilustrasi merchandise yang dijual. Dan mirisnya itu di Event besar seperti AFAID

    Reply
  • August 21, 2014 at 2:33 pm
    Permalink

    jujur pas saya liat itu saya cma cengo. ini knp bnyak bnget bootleg, jelas2 ini AFA gitu….official event se-asia mana pula ini boothnya ada 5 klo seinget saya.
    yg harus disalahkan panitianya ini. mengapa? krn memperbolehkan mereka menjual yg jelas2 bootleg padahal yg officialnya ada gitu
    tpi saya liat itu cukup laku

    Reply
  • August 21, 2014 at 2:41 pm
    Permalink

    Gak usah lebay lah min, booth kaya gitu udah ada dari AFAID12, kenapa elu baru koar” sekarang? mau bikin drama baru ngalahin drama cosplayer?
    Masalah lisensi official? Bitch please, kemaren booth itu aja sebrangan sama booth dari jepang yang termasuk lagi gebrak tentang MAG (Manga Anime Guardian) mereka santai” aja tuh liat jualan tuh booth laku,
    Masalah kualitas? ya menurut gw kalau kaos sih emang jauh dari official, tapi nobody cares yang penting beli, kalau emang yang nyari kualitas pasti gak belanja disana,
    Masalah nama baik tercoreng? Please min, gak usah mikirin nama baik negara ini dah, mendingan mikirin cara bikin postingan berbobot,
    Masalah penyusunan dan sampah? gw hari minggu di JCC sampe jam 12 malem, dan dari pagi sampe tengah malem gw disana gak ada tuh gw liat sampah berserakan keluar booth mereka kecuali sampah dari pembeli yang ngebuang bungkus belanjaannya sembarangan, jadi menurut gw gak masalah kalau sampahnya belum keluar booth,
    mungkin mata lu aja kali min yang terlalu perfectionist sampe hal sepele lu besar”in.

    Reply
    • August 21, 2014 at 4:23 pm
      Permalink

      mas, begini. coba sebelum komentar dilihat dulu tujuan penulis membuat artikel ini.
      manusia itu pengetahuannya terbatas, kalau seandainya penulis tahunya sekarang, ya ditulisnya sekarang. atau mungkin sebenarnya dari dulu sudah ada artikel semacam ini, tapi masnya juga baru tahunya sekarang? kan manusia pengetahuannya terbatas.
      artikel ini bertujuan untuk mempertanyakan mengapa bisa ada booth bootleg di AFA yang sekelas internasional. justru penulis artikel ini sangat peduli pada AFA, karena memberikan kritik yang membangun untuk kebaikan acara ini ke depannya.
      coba bayangkan kalau semua orang cuek, bahkan mendukung adanya booth seperti ini? tidak menutup kemungkinan besok AFA akan kecolongan lagi.
      tolonglah mas. jangan menggunakan kata ‘yang official cuek kok’ karena kita juga tidak tahu apakah yang official itu benar benar cuek atau tidak tahu tidak tahu ada booth bootleg itu.

      Reply
    • August 21, 2014 at 4:56 pm
      Permalink

      “Udah ada dari dulu” nggak langsung menjadikan itu benar, kak :D. Justru kalau sekarang ada yang nemu dan memperhatikan, itu harus diperbaiki untuk ke depannya. Kita sama-sama menginginkan kondisi event yang nyaman dan baik. Masalah hak cipta itu bukan hal yang ringan, apalagi jika ini menyangkut event sebesar AFA. Saya pikir, postingan ini bisa difungsikan untuk menarik konfirmasi dari panitia. Kalau memang booth itu memperoleh ijin ya syukur, kalau itu palsu berarti untuk event ke depannya jangan sampai ada yang seperti ini.

      Ngomong-ngomong soal bak sampah, ada di daerah tempat makan di ruangan Creator Hub. bentuknya ember besar setinggi dada. Saya habis makan buang sampah di sana, ada petugas bersih-bersihnya.

      Reply
    • August 21, 2014 at 5:54 pm
      Permalink

      lo baca dulu adminnya ngetik apa baru koar2

      tujuan admin nulis ini buat ngasih tau orang2 biar bahaya BUKAN cari masalah aduh tolong deh orang kayak lo beneran logikanya harus dipake bener2 sorry if i’m rude tapi tulisan lo bikin emosi hahahaha

      Reply
    • August 21, 2014 at 9:58 pm
      Permalink

      Kalo emang demen bootleg gak usah koar2 juga. Penulis cuma menyatakan keraguannya sama booth segede itu apakah itu licensed ato bootleg ato istilah “gaul” Indonya itu bajakan. Daripada lu urusin artikel ini, mending pikirin sono buat beli barang ori. Support the original creator.

      Reply
    • August 21, 2014 at 11:43 pm
      Permalink

      Copyright itu bukan masalah sepele.
      Kalau anda melek hukum harusnya anda mengerti.
      Menghalalkan pelanggaran hak cipta sama saja anda menghalalkan pencurian.

      Reply
    • August 22, 2014 at 1:57 am
      Permalink

      Ini yang comment anggotanya penjual merchandise bootleg yah? Barang Bootleg bisa masuk di AFA itu udah jelas hal yang aneh banget, seharusnya memang di-ban, Kalo mau jualan bootleg sono di Tanah Abang blok G aja gih,

      Reply
  • August 21, 2014 at 3:19 pm
    Permalink

    emang saya ngeliatnya agak janggal kok bisa ada art orang2 luar negri di pixiv.net masuk ke AFAID 2014. apa bener artist nya dateng ke AFAID 2014? keknya ga mungkin da.

    Reply
    • August 21, 2014 at 4:17 pm
      Permalink

      Ada satu booth yang emang udah dapet ijin dari artist Jepang buat jualan disana. Kalo itu yang kamu maksud, maka ini adalah konfirmasinya :)

      Reply
  • August 21, 2014 at 4:05 pm
    Permalink

    Padahal beli baju asli dari jepang langsung murah cuma 500rb kualitas udah bagus aja banget.

    Reply
      • August 22, 2014 at 12:23 am
        Permalink

        Kalo bandingannya kualitas ya murah, belum ongkos kirim.
        Tp kalo dibandingin ama yg sablonan lokal sampai kiamat ga ketemu deh
        :v

        Reply
  • August 21, 2014 at 4:33 pm
    Permalink

    klo enggk salah ini booth pas hari terakhir jam 10an, pada di jarah masal gan smua barang digratisin wkwkwk..
    ia gk sih ? ane pulang jam 7an sih,

    Reply
  • August 21, 2014 at 5:13 pm
    Permalink

    Gw jga sebenernya agak bingung. Gw liat harga kaos disana cmn 200rb an(bukan brarti gw demen yg ori mahal yak) tpi secara profesionalitas dagang. Baju ori yg d impor pasti mahal karna ada ongkos kirim, beacukai, dkk dll nya.

    Nah ini lagi pas hari trakhir ada diskon 50% kan gak logis banget.
    Karna gw kerja d percetakan yg notabene bagian administrasi, jdi tau brapa harga cetak kaos kek gini.
    Gak bakal lebih dri 100rb per kaos.

    Klo semisal memang ori. Dia bakal rugi besar. Karna nombokin pengeluaran bayar cukai, kirim, gudang dkk dll nya.

    Dan dia ngasih diskon juga yg notabene harganya turun drastis dri harga awal. Setelah gw itung2 ternyata mereka ttp untung.

    Jadi kesimpulan nya sih, keknya itu barang nyetak lokal.
    :v

    Reply
  • August 21, 2014 at 9:28 pm
    Permalink

    Kapitalisme emang kejam. Di jepang sono kalangan besar menguasai kapitalisme merchandise (uang hasil penjualan) atas nama hak cipta. Nah kalangan kecil pun gak habis akal. Kapitalisme = duit, asal ada duit = beres. Nah mungkin kalangan2 penjual gituan mau bilang gini sama kalangan besar di sono: “Makan tuh kapitalisme,”
    Asal ada wani piro jualan di mana pun jalan terus.

    IMHO sih…
    mungkin ada pendapat lain?

    Reply
  • August 21, 2014 at 9:37 pm
    Permalink

    Indonesia gitu lho kak

    Reply
  • August 22, 2014 at 12:19 am
    Permalink

    @Anonim13:
    kebiasaan orang indo. males baca isi nya cuman baca judulnya sama paragraf pertama doang.

    Reply
  • August 22, 2014 at 12:37 am
    Permalink

    Kayanya yang ngepost ini baru ikut AFA kali ini yah? Kalau tidak salah waktu saya ke AFA pertama kalinya tahun 2012 juga ada yang seperti itu. Mungkin saja bootleg ybs sudah di approve untuk masuk ke booth afa dengan berbagai pertimbangan yang mekanisme teknisnya tidak kita tahu (masyarakat gak akan dikasih tahu kecuali kalau anda berniat nyewa stand booth disana xD).

    Jadi tidak baik rasanya langsung “judge” kalau itu palsu dsb. Siapa tahu mereka sudah membayar exception yang ditentukan untuk item merchandise seperti demikian. Oh ya menambahkan saja, USA print itu produk luar dan registered trademark company di Amerika lho, sudah ada sejak 1987. Mereka memang bergerak di bidang printing service dengan skala besar.

    Tks, maap yah klo panjang lebar :)

    Reply
    • August 22, 2014 at 7:18 am
      Permalink

      Mungkin saya miss, tidak sempat liat booth2 seperti ini di AFAID 2012. Tapi sepengetahuan saya dan dari kutipan e-mail antara pihak toko (yang jualan bootleg) dan AFA yang pernah saya lihat, hanya barang2 ori dan licensed saja yang boleh dijual di AFA. Ada kemungkinan pihak AFA kecolongan dan kurang ketat waktu seleksi sehinga sewaktu pihak toko mengirim permohonan buka stand yang dipasang sebagai sample barang ori tapi lalu ternyata jualan barang bootleg.

      Anda sepertinya kurang paham tentang printing service. Printing service itu hanya menjual jasa print. Tidak peduli dia sudah punya usaha berapa tahun atau licensed di bidang itu. Tidak berarti dia otomatis mempunyai license dari barang yang dia cetak. Tanggung jawab cetakan itu ada di pihak pelanggan. Kalau ternyata semua barang bootleg ya bukan urusan printing servicenya, tapi pelanggan.

      Sepengetahuan saya hanya ada satu booth di Creator’s Hub yang resmi jualan merchandise dengan art dari pixiv. Mereka memang sudah dikonfirmasi kerja sama dengan beberapa artist pixiv untuk buka stand di Creator’s Hub.

      Thanks

      Reply
    • August 22, 2014 at 10:32 am
      Permalink

      yang nulis ini udah ke AFA dari tahun 2012, 2013, ama yang ini kok

      Reply
  • August 22, 2014 at 1:48 am
    Permalink

    Kalau Power Bank dan photo bantal bantalan itu, supplier ane yang KW dari negerinya juga punya semua itu. Bisa ta ambil, hanya males hahahahaha.

    Reply
  • August 22, 2014 at 5:05 am
    Permalink

    Kaos Bootleg a.k.a sablonan 150K !? FUCK NO!!! (waktu itu sempet liat beberapa booth mirip kyk yang ada di gambar terus cek harganya skitar 150.000 (kalo gak salah) buat T-Shirt nya, kirain ya…. wajar lah barang mahal, EHHHHH ternyata…..

    Reply
  • Pingback: AFAID 2014 x Bootleg x Sampah Part.2 | nekoroid.com

  • August 22, 2014 at 8:37 am
    Permalink

    lebay ah.mau bootleg kek mau kagak yang penting bisa digunain.lagian,itu juga salah lo atau pembeli :v mau maunya ketipu…..BE A CLEVER BUYER.

    Kalo lu udah liat tuh kaos atau barang emang kualitas ama harga gak sesuai dan gak memuaskan ya gak usah beli disitu dah.rempong amat.itu urusan orang yang jualan mau yang license kek mau kagak itu juga masalah yang punya booth.mau ngalahin Drama Queen Miku ya? :v

    Reply
  • August 22, 2014 at 12:42 pm
    Permalink

    dasar masyarakat Indonesia. mayoritas mental bootleg semua. Gak mau beli yang ori. Gak mau support ke jepang.

    Reply
  • August 22, 2014 at 2:48 pm
    Permalink

    Iya nih, ue juga sempet nge spot ini booth kok keknya mencurigakan bngt dan harganya itu over walaupun bkn official. Kmrn nge spot harga tas nya itu 300.000, kaos jg keknya 280.000. Padahal taon kmrn kaos SAO dr afaid shopnya, yang mngkin ori, itu aja 300.000=)). Sempet curiga sama booth ini, trnyata bner. Dan yaaa, booth ini dimana-mana, ada di lantai booth ori, di dalem booth-booth lokal ini ada 2 ya? Power bank itu dijual didepan sony booth soalnya. Dan yang satunya ada di booth lokal. Untung gede ini booth=))

    Reply
  • August 22, 2014 at 3:22 pm
    Permalink

    sorry nih ya, itu yg ber ‘koar”‘ ga ngerasain sih ya ngebikin art itu gimana, terus tiba” liat ada di tempat yg pembuatnya aja ga ngerasa ngasih persetujuan, sakitnya tuh disini nih…

    Reply
  • August 23, 2014 at 9:52 am
    Permalink

    Salah satu booth ini, selain menjual power bank juga ngejual USB flash-card bergambar dengan kapasitas 8 GB,
    dan waktu sampe rumah saya coba, ternyata kapasitasnya cuma sekitar 4 GB.
    Nyesel banget sih, kenapa gak teliti dulu sebelum beli.

    Reply
  • August 23, 2014 at 10:19 am
    Permalink

    hmm… gimana ya, setauku yang buka booth ini bukan dari indo kan? entah singapur or malay aku kurang paham, tapi kalo sampe impor exhibitor dari luar kan berarti afa udah setuju mereka jualan disana. cuz menurutku afa mau bikin akiba town kyak di sg, cuma karena ‘pasar Indonesia’ makanya yang dibawa ya barang buangan kyak gitu.

    Reply
  • Pingback: AFAID 2015: The Bad and The Good | nekoroid.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>