There is a different between hacking (illegal way) with being smart.

Gara gara movie sialan di Blitz, akhirnya gw main pokemon meski NDS gue udah kesurupan beyond my comprehension.

Metode yang dipakai orang ini dikatakan cheating dan hacking (illegal). Tapi setelah gue tonton, ini sama sekali ga ada hubungannya dengan cheat dan hacking.

Kenapa?

Apa yang dia lakukan adalah menganalisa kondisi kemunculan Pokemon Shiny. Dia tidak memanipulasi sistem game dan softwarenya.

Yang dia lakukan adalah:
Memeriksa timing yang dibutuhkan layar bawah 3DS untuk menyala kembali setelah Pokemon siap tempur (saat terjadi encounter, layar bawah 3DS akan mati dan kemudian menyala lagi setelah selesai animasi). Ternyata Pokemon tipe shiny lebih lama karena ada animasi tambahan.

Dengan informasi ini dia menggunakan sensor cahaya yang terhubung dengan kit mikrokontroller, sensor tersebut ditempelkan di permukaan layar bawah 3DS. dan jika layar mati maka mikrokontroler akan menghitung berapa lama layar dibawah mati.

Jika layar bawah memiliki timing lebih cepat, maka artinya Pokemon yang dihadapi bukanlah tipe shiny. Tapi jika layar bawah memiliki timing lebih lama, maka yang dihadapinya adalah tipe shiny dan kit mikrokontroler akan memberikan suara yang memberitahu ke pemilik 3DS nya kalau karakternya sedang berhadapan dengan Pokemon shiny.

Pin dari kit mikrokontroler itu juga terhubung dengan D-pad dan empat tombol 3DS.

Dengan begitu, jika yang dihadapi bukan pokemon shiny maka mikrokontroler akan memberikan sinyal HIGH (atau on) yang menghubungkan pin D-pad dan pin tombol sehingga terjadi sambungan dan NDS akan membacanya sebagai sinyal pemain menekan D-pad dan tombol aksi.

Note:
Sewaktu kalian menekan D-pad pada kontroler (tidak harus 3DS), sebenarnya kalian menyambungkan dua pin yang terputus. Lapisan bawah pada tombol kontroler memiliki lapisan konduktif (dapat mengalirkan listrik). Jika sistem mendeteksi ada aliran listrik maka akan memberitahu sistem game, tombol apa yang ditekan dan harus berbuat apa jika ditekan.

Dan otomatis, kit mikrokontroler akan memilih pilihan kabur dari battle jika yang dihadapi bukan Pokemon tipe shiny. Dan kemudian menekan tombol untuk mulai memancing (salah satu cara untuk mendapatkan encounter di game tersebut).

Tentunya ada yang menganggap ini mengacaukan keasyikan bermain game, ada juga yang menganggap ini cheat.

Well, mengacaukan keasyikan bermain Pokemon, ada benarnya sih. Tapi ini bukan cheat.

Didunia ini, ada banyak orang-orang yang briliant dalam memecahkan masalah tanpa perlu merusak sistem yang ada (baca: cheat dan illegal hacking).

Sementara sebagian orang menikmati tantangan dan rela menghabiskan waktu untuk mendapatkan Pokemon tipe shiny.
Ada juga sebagian orang yang menikmati aktifitas menganalisa game tersebut dan menciptakan solusi yang cepat untuk mendapatkannya.

Dan orang ini adalah salah satunya.

Kalau bisa dibikin gampang, kenapa dipersulit…? Ini bukan Indonesia (setidaknya orang ini bukan orang Indonesia dan tidak tinggal di Indonesia, hahahaha…)

Share This:






If you're interested on these product below, you may click the link.
Your purchase through these CD-Japan link will sprinkle some water to us in a very hot day and night.


Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>